Selasa, 09 April 2013

Membuat Game Sederhana


MEMBUAT GAME SEDERHANA
DI MICROSOFT POWERPOINT


Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Tugas
Mata Kuliah Multimedia dan Animasi


Jurusan Teknik Informatika




Oleh:
Imani Siti Amaliah 1111026


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
SEKOLAH TINGGI SAINS DAN TEKNOLOGI INDONESIA
KOTA BANDUNG
2012




KATA PENGANTAR

      Bissmillahirrohmanirrohim
      Segala puja dan puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT. Karena dengan izinnya penulis dapat menyelesaikan laporan ini.
      Walaupun penulis menyadari sepenuhnya laporan jauh dari sempurna. Meskipun demikian penulis sangat berharap semoga laporan ini dapat, berguna bagi penulis dan pembaca pada umumnya. Selama penyusunan laporan ini banyak sekali orang-orang yang membantu, baik dari do’a, memberi semangat, nasehat, dll.
Sehingga penulis dapat bertrimakasih kepada semua pihak yang telah membantu.
       Lapran ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas matakuliah Dasar-dasar Kerekayasaan. Akhir kata semoga Allah SWT, melimpahkan rahmatnya dan membalas kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyususnan makalah ini.

                                                                                          Bandung,     April 2013



                                                                                                      Penulis


Membuat Game Sederhana menggunakan Microsoft Powerpoint
A.      Sejarah Microsoft Powerpoint
Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint.
Aplikasi Microsoft PowerPoint ini pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin sebagai Presenter untuk perusahaan bernama Forethought, Inc yang kemudian mereka ubah namanya menjadi PowerPoint.
Pada tahun 1987, PowerPoint versi 1.0 dirilis, dan komputer yang didukungnya adalah Apple Macintosh. PowerPoint kala itu masih menggunakan warna hitam/putih, yang mampu membuat halaman teks dan grafik untuk transparansi overhead projector (OHP). Setahun kemudian, versi baru dari PowerPoint muncul dengan dukungan warna, setelah Macintosh berwarna muncul ke pasaran.
Microsoft pun mengakuisisi Forethought, Inc dan tentu saja perangkat lunak PowerPoint dengan harga kira-kira 14 Juta dolar pada tanggal 31 Juli 1987. Pada tahun 1990, versi Microsoft Windows dari PowerPoint (versi 2.0) muncul ke pasaran, mengikuti jejak Microsoft Windows 3.0. Sejak tahun 1990, PowerPoint telah menjadi bagian standar yang tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office System (kecuali Basic Edition).

B.      Pendahuuan
Kebanyakan orang pasti sudah mengenal game Parampa. Dengan menggunakan Powerpoint maka akan lebih memudahkan kita untuk membat game seperti model ini. Karena tidak perlu menggunakan script yang rumit.

C.      Cara membuat game
Langkah-langkah membuat game dari power point.

1.      Buka microsoft power point
Buat tampilan awal permainanmu, buat sederhana saja berikan hiasan Efek Animasi supaya keren. Tapi jangan terlalu banyak hiasan supaya bobot permainanmu tidak terlalu berat.

2.      Setting slide
Sebelum itu, silahkan anda coba menambahkan slide terlebih dahulu, caranya klik menu Home, lalu klik New Slide. Di Power-Point, jika anda menekan tombol keyboard F5 (memainkan slide yang anda buat/Slide Show) akan berganti slide bila anda menekan klik / menekan tombol keyboard arah & backspace disembarang tempat. Hal ini jelas tidak sesuai yang kita inginkan agar game tersebut tidak ‘mencelat’ ke level selanjutnya saat pemain memainkan game yang anda buat.

Agar tidak terjadi demikian maka settinglah Slide show-nya. Caranya:
-Klik menu Slide Show
-Klik Set Up Slide Show
-pilih Browsed at a kiosk (full screen)


-klik Ok.



3.      Buat soal 
Bikin tampilan soal semenarik mungkin. Dengan memadukan warna hingga menarik tidak monoton. Semenarik mungkin berkreasi sesuai kemampuan anda. Missalnya seperti ini contoh soal yang saya buat.




Setelah 1 soal selesai dibuat, ada 3 gambar yang harus dibuat caranya gampang [CTRL 
+ A]  [CTRL + C] klik slide baru [CTRL+V] supaya semua posisi tiap slide sama. Yang membedakan dari ke tiga slide tersebut adalah nyawa yang anda buat dari 3,2, [tergantung yang buat game] 


Keterangan gambar:
Warna kuning adalah jawaban yang benar ketika menjawab soal yang anda buat
Warna merah adalah jawaban yang salah. Tiga kali salah maka permainan akan berakhir. Dan slide pertanyaan yang ketiga dihiperlink-kan ke slide game over...

4.      Membuat hyperlink




Cara membuat hyperlink supaya game yang dibuat menjadi hidup. Berikut urutan permainannya.
Pada slide 2 adalah soal= 3 nyawa = 3 kesempatan main. Pilihan jawaban
SNOW :  Hyperlink ke slide 3
GOAT : Hyperlink ke slide 3
SWAN : Hyperlink ke slide 5[soal selanjutnya]
SNAKE : Hyperlink ke slide 3

SNOW :  Hyperlink ke slide 4
GOAT : Hyperlink ke slide 4
SWAN : Hyperlink ke slide 5 [soal selanjutnya]
SNAKE : Hyperlink ke slide 4
Pada slide 6 = GAME OVER

Pada slide GAME OVER terdapat gambar kotak / tombol “Dolanan Maning” atau “Bermain Lagi” dan end
Cara buat tombol Dolanan Maning.
GAMEOVER : Hyperlink ke slide 1
END : Pada action pilih End Show



Ini adalah contoh game sederhana, anda bisa buat lebih kreatif  lagi.






  1. Kesimpulan
Banyak Software yang bisa dijadikan tempat untuk membuat game. Yang terpenting berlatih terus dan memanfaatkan peluang yang ada.

 Sumber :



1 komentar: